Jumat, 27 Februari 2015

MANIS & PAHITNYA VERIFIKASI PKL

"Verifikasi" atau biasa kita sebut Sidang hasil PRAKERIN bagi anak smk,  kebanyakan verifikasi dilakukan di kelas 2 SMK di sebagian besar SMK yang ada di indonesia.  Sebelum gue masuk ke topik, gue mau ngejelasin dulu nih gimana perjuangan untuk mencapai sebuah kegiatan Verifikasi.

Di kelas 2 SMK, udah waktunya untuk menjalani kegiatan yang wajib dilakuin oleh anak SMK yaitu, Prakerin. Tujuan dari prakerin ini kita di didik untuk mengetahui gimana rasanya menjadi karyawan, gimana kehidupan di perusahaan, belajar tanggung jawab, dll.

Tepatnya bulan puasa, gue dan teman-teman sengaja mencari tempat yang bersedia untuk menerima gue dan teman gue untuk melakukan kegiatan prakerin. Pada waktu itu, gue dan teman gue survei ke perusahaan Telkom Indonesia cabang Bekasi tepatnya di belakang Islamic Centre. Disana gue dan teman gue mencari tau gimana syarat dan ketentuan agar bisa berprakerin di sana, ternyata berprakerin disana cukup sulit karena kita diharuskan untuk mengajukan surat izin berprakerin dan hoki hokian buat keterimanya.



Harapan di Telkom Indonesia pun gagal, kenapa gue memilih perusahaan Telkom ? karena jurusan gue di SMK yaitu Rekayasa Perangkat Lunak . Tapi gue gak mau nyerah, gue nyari lagi tuh perusahaan yang bener bener membutuhkan anak PKL, gue pun survei ke salah satu PT yang bisa dibilang lumayan deket antara jarak sekolah gue ke PT itu.


Pas mau buat surat izin untuk berprakerin, tiba tiba gue direkomendasiin sama temen gue yang udah dapet tempat prakerin, gue pun nyoba survei ke perusahaan yang direkomendasiin sama temen gue. Jarak dari rumah gue ke perusahaan tersebut bisa dibilang cukup HOROR, karna lebih dari 10KM gue berkendara, gue fikir cukup membosankan juga kalo setiap hari PKL bolak balik Bekasi - Cileungsi Bogor.


Tapi......... Usaha yang gue lakuin bersama doi berujung manis, gue keterima ber prakerin di PT. SUMBER ALFARIA TRIJAYA, Tbk. Head Office Cileungsi. Ini dia pas gue ngejalanin Tes untuk ber Prakerin disitu :





Hari demi hari gue PKL di situ, yang bisa gue petik dari PKL yaitu gue bisa tau gimana jadi seorang karyawan, gimana kehidupan di dunia perusahaan, belajar menghargai pekerjaan orang lain, belajar untuk bertanggung jawab, dan yang paling penting yaitu gimana cara kita untuk mengerjakan suatu pekerjaan meskipun pekerjaan itu tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan.

Selesai sudah PRAKERIN, saatnya prepare untuk mengikuti kegiatan VERIFIKASI yang di gosipin kegiatan yang paling HOROR. Kenapa HOROR ? Verifikasi menguji kita bagaimana cara mempersentasikan hasil kerja kita selama Melakukan suatu kegiatan, Verifikasi menguji kita untuk bagaimana melatih emosi, menjawab pertanyaan dengan emosi rendah, dsb.


Kegiatan VERIFIKASI bisa dibilang suatu kegiatan yang menghabiskan banyak uang, seperti membuat Laporan hasil prakerin, me-revisi laporan, dan keperluan yang lain untuk kegiatan verifikasi. Selama gue nyusun Laporan, kurang lebih budget yang udah gue habiskan yaitu bernilai Ratusan Ribu. Tapi demi kesuksesan apasih yang gak rela dikorbanin :D


Berikut cuplikan selama kegiatan Prakerin maupun ketika Verifikasi :




Kita Bisa ! Harus Bisa ! Pasti Bisa !


Sekian posting untuk hari ini, Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

5 komentar

  1. Balasan
    1. makasih bang udah mampir di blog ane :D jangan kapok yaa!!

      Hapus
  2. Gambling is an addiction: A common fear of losing - Dr.
    In the 전라북도 출장안마 21st century, a large 군포 출장안마 portion 김천 출장안마 of the American public 안동 출장마사지 now feels like losing money. In fact, gambling is a 논산 출장샵 very popular gambling strategy

    BalasHapus

© NOVAL ORLANDO
Maira Gall