Senin, 01 Februari 2021

FROM MABA TO UNOFFICALLY S.KOM.

Halo teman-teman, dikondisi sekarang yang udah hampir setahun pandemi ga kunjung kelar, gue harap kalian dan keluarga sehat walafiat yah. Udah lama rasanya ga nulis lagi di blog yang unfaedah ini dan sekarang gue mau berbagi sedikit cerita tentang perkulihan gue dan kabar gue sekarang. Di post-an terkahir gue tentang perkulihaan yaitu SAH? SAAAHHHHHH ! ngobrolin tentang gimana perjuangan gue buat berusaha dapetin PTN, ya walaupun akhirnya masuknya PTS :p tapi gue bersyukur banget udah bisa kuliah buat dapetin gelar yang gue harap bermanfaat kedepannya.

Ga kerasa udah 4 tahun berlalu semenjak gue awal masuk kuliah, waktu itu emang secepat ini yah ternyata. Perasaan baru aja kemarin gue ngejalanin FEP a.k.a ospek, pake baju putih celana hitam, masih bangga-bangga nya jadi mahasiswa hahaha. Sedikit flashback, jadi sebenernya waktu perkuliahan belum dimulai itu gue udah punya tuh grup angkatan yang sejurusan, niatnya biar pas masuk kuliah nanti udah saling kenal, isinya macam-macam ada yang dari jabodetabek, surabaya, semarang, bahkan dari kalimantan pun ada. Grup kita namanya Biji Squad, ya tau lah ya itu grup isinya biji semua wkwkwkw, tapi yang cewe juga ga kalah punya grup juga namanya BH Squad, ya udah pasti isinya cewe semua juga hahahah. Grup nya asik kok, anaknya juga macam-macam ada yang pendiem, baik hati, bawel dan rusuh juga ada, sampai-sampai kita pernah ngerusuhin panitia pengurus program FEP ini wkwk. Orang-orang Biji dan BH Squad ini pokoknya ga diragukan lagi kalo urusan ngebacot di grup angkatan jurusan, ketinggalan belasan menit aja itu chat udah bisa ribuan, tapi itu yang buat kita kenal satu sama lain sebelum masa perkuliahan.

Singkat cerita udah mulai masuk masa perkuliahan, selama kuliah gue tinggal di rumah nenek gue di jakpus karena kalo dari bekasi lumayan juga jarak dan waktu yang ditempuh, mesti bangun pagi pagi banget biar ga telat masuk kelas pagi yaitu 7:20 udah mulai kelas. Karena grup kita terpencar dan karena sebelumnya gue udah pernah meet duluan sama anak bekasi, akhirnya salah satu teman gue ngekost di daerah kampus dan menempati kamar kos nomor 8. Karena itu juga gue dan teman-teman gue bikin circle baru yang namanya Kamar 8 (karena basecamp kita itu di kostan teman gue itu), hampir tiap hari kita selalu main di Kamar 8, buat sekedar sharing perkuliahan, numpang tidur, sampai bolos kelas. Karena keseringan main, abang-abang yang jaga kost nya sampai hafal sama kita semua, jadi tiap main kesitu udh gausah lagi naro ktp buat tanda kenal kalo kita lagi berkunjung ke kostan itu. Anak kamar 8 ini juga sampai sekarang gue nulis ini, kita masih temanan baik walaupun udah mencar-mencar dan ga bisa ngumpul bareng seperti kuliah dulu.

Ketika kuliah, gue mengambil penjurusan Business Intelligence yang kerjaannya yaitu ngolah data, memvisualisasikan data yang tujuannya untuk ngebantu top level management buat mengambil keputusan dalam suatu perusahaan. Oh iya, penjurusan ini terjadi pada saat gue semester 3, kita memilih penjurusan sesuai yang kita mau, ada beberapa seperti : ERP, E-Business, Strategic Information, Business Intelligence dan juga Applied Database. Masing-masing penjurusan punya visi dan misi berbeda sesuai kompetensinya masing-masing. Gue memilih Business Intelligence karena gue tertarik di bidang pengolahan data, database dan juga Artificial Intelligence, karena gue melihat kedepannya teknologi akan mengacu ke poin yang udah gue sebutin tadi. Penjurusan gue cuma 1 kelas, sementara yang lain bisa sampai 3 kelas karena peminatnya cukup banyak dan di penjurusan ini juga gue akan menghabiskan masa perkuliahan sampai kelar, ga lagi seperti semester sebelumnya yang kelasnya masih diacak tiap semesternya.

Dari mulai grup angkatan, Biji dan BH Squad, Kamar 8, di kelas Business Intelligence ini juga gue buat circle yang lebih kecil lagi yang kita namain Kesebelasan Kurang Dua, ya, kita ber sembilan doang disini. Isi nya yaitu gue, kadek, pendi, wanson, kevin, ahong, piyong, uchi dan chele. Orang-orang ini baik banget pokoknya, asik dan rajin juga. Kita saling support pas kuliah, main bareng, nge-gibah bareng sampai lulus juga bareng. Jujur, gue kangen banget masa-masa itu, masa dimana kita semua masih punya waktu yang cukup banyak untuk sekedar ngumpul dan ngobrol bareng.

Gue bersyukur masuk Business Intelligence, karena disini anaknya asik-asik, saling berbaur semua meskipun kita punya circle masing-masing di kelas, tapi ga ngejadiin kita untuk ga saling kenal. Gue pernah dapet dosen yang ngehibur banget, open minded, dan juga asik. Kita sekelas pernah ngadain acara sosial yaitu tentang kampanye Stop Child Abuse yang kita namain CHASTINDONESIA, acara ini ngelibatin kita semua sekelas, pengalaman yang baru yang gue dapatin selama perkuliahan. Oh iya, sebelumnya gue juga pernah ikut beberapa organisasi kampus seperti Himpunan Mahasiswa Sistem Informasi dan juga Buddy Coordinator, cuma gue ga terlalu aktif di himpunan, cuma jadi anggota pasif aja hehehe. Dalam perkuliahan pasti ada yang namanya magang atau internship, sebelumnya di smk juga gue pernah ngelakuin magang cuma bedanya 3 bulan aja, sedangkan di perkuliahan kampus gue punya program namanya 3+1 yaitu 3 tahun kuliah dan 1 tahun internship full di perusahaan terkait.

Sebetulnya, kita bisa pilih program ada beberapa seperti Internship, Entrepreneur, Research, Social Volunteer dan Studi ke Luar Negeri. Masing-masing program sama-sama dilakuin 1 tahun full, gue memilih Internship karena gue ingin mengaplikasikan ilmu yang gue dapatkan waktu kuliah di dunia pekerjaan. Waktu itu gue coba lamar ke beberapa perusahaan mulai dari startup, bumn sampai perusahaan multi nasional. Perusahaan yang pernah gue coba yaitu Bank Mandiri, Bank Indonesia, Garasi.id dll. Sampai akhirnya gue coba tanya rekan BC gue waktu semester 2 yaitu Silvi, dia internship di perusahaan multinasional yang bergerak di bidang Peternakan dan F&B yaitu Charoen Pokphand Indonesia, Tbk. awalnya gue juga bingung sama namanya, karena terdengar asing, setelah gue telusuri dan gue tanya sana sini akhirnya gue tau kalo salah satu produknya yaitu fiesta nugget. 

Gue coba menghubunginya dan disarankan untuk coba email langsung ke salah satu orang yang menangani Internship, ada cerita yang menurut gue unik waktu gue coba melamar ke perusahaan ini, setelah gue mengirim email yang berisikan cv, data diri dan keterangan bahwa gue tertarik untuk internship di perusahaan ini, gue disuruh datang langsung ke perusahaan itu yang terletak di Ancol, pada saat itu juga laptop gue lagi dibenerin karena ke sotoy an abang-abang service laptop sehingga laptop gue harus di reset ulang di Service Center laptopnya. Gue sempat bingung, karena ketika gue disuruh datang ke perusahaan itu, gue disarankan untuk membawa laptop karena katanya akan ada tes kompetensi/skill untuk mengetahui kemampuan gue sesuai atau engga dengan pekerjaan yang akan gue kerjakan apabila berhasil masuk perusahaan itu untuk menjalankan program internship. Untungnya gue punya teman yang sangat baik, namanya ahong. Gue coba bilang ke ahong kalo laptop gue rusak dan gue dipanggil interview di perusahaan yang bakal menerima internship gue dan ya, ahong meminjamkan laptopnya kepada gue. Pada besok harinya, gue datang ke perusahaan itu untuk menjalankan interview serta tes kompetensi/skill, disitu juga orang yang tes gue nanya 'Wihhh laptop kamu keren juga, untuk gaming yah ?' ketika ditanya itu dengan malu gue jawab 'Hehehehe bukan laptop saya pak, ini laptop teman kuliah saya karena laptop saya sedang di servis, maaf yah pak' untungnya bapaknya baik banget dan sia-sia aja udah minjam laptop ahong, ternyata gue ga sama sekali di test pake laptop melainkan hanya ditanya secara verbal tentang skill seperti 'kamu bisa bahasa sql kan ?, kamu tau sdlc kan ?, kamu tau data warehousing kan? dan pertanyaan lain mengenai jobdesk pekerjaan yang akan gue tempati.

Setelah interview, gue langsung balikin laptop ke ahong, thanks banget ya hong dah bantuin gue hehehehe :D. Kabar baik pun gue terima, pas cek email ternyata gue diterima buat ngejalanin program internship di perusahaan itu di bagian Tech Dev dari Charoen Pokphand Indonesia, Tbk. fyi, kantor yang terletak di Ancol itu merupakan Head Office dari seluruh perusahaan dan anak perusahaan Charoen Pokphand Indonesia, Tbk. I'm so proud of it. btw, thanks so much juga yah silvi udah bantuin gue buat dapetin kontaknya pak mul :D.

Disana gue ga sendirian, ada 2 teman gue lainnya yaitu lili dan nael/chris, mereka dari peminatan E-Business, berbeda dengan gue. Tapi kita kerja di bagian yang sama, hanya jobdesc nya saja yang beda. Disini juga gue belajar banyak hal, pelajaran yang gue pelajari di kuliah bisa secara langsung gue praktekan disini, juga mendapatkan pelajaran baru tentang manner, communication skill dan banyak banget lainnya. Gue bersyukur sampai sini gue masih dikelilingi oleh orang-orang yang sangat supportif. Gue awal masuk yaitu bulan Februari 2019 dan kelar juga Februari 2020 genap satu tahun. Di perkuliahan juga sudah ga asing lagi dengan namanya skripsi. Yah, gue akan jelasin di paragraf selanjutnya mengenai skripsi gue selama kuliah.

Di kampus gue, mahasiswanya dibolehin memilih mau pilih 3,5 tahun atau normal 4 tahun seperti perkuliahan pada umumnya, bedanya kalau kita pilih yang 3,5 tahun skripsi nya dilakukan pada saat periode kedua pada saat program 3+1 (gue pilih internship) yaitu bulan ke 7 sampai bulan ke 12, yah walaupun pengerjaan skripsinya ga sampai 6 bulan wkwkw. Karena alasan menghemat biaya, juga menghemat waktu jadinya gue memilih 3,5 tahun. Di bulan ke 7 gue Internship gue langsung daftar untuk mengambil skripsi di semester 7, melewati beberapa proses seperti briefing persiapan skripsi dll., menurut gue cukup berat memilih skripsi di semester 7 karena kita harus bisa membagi waktu antara internship dan juga skripsi. Kita dituntut untuk menyelesaikan skripsi tepat waktu dan juga mencoba untuk tidak menelantarkan pekerjaan kita pada saat internship, menjadi orang yang kompten. Untungnya, gue bisa menyelesaikan itu semua tepat waktu.

Sekedar informasi lagi, dikampus gue kita dibolehin untuk menyusun skripsi hingga 3 orang dengan topik yang sama a.k.a kerja bareng. Partner skripsi gue yaitu kadek dan wahyu, 2 orang saksi gue mendapatkan gelar diperkuliahan ini. Skripsi kita penuh drama, mulai dari pemilihan topik skripsi, dosen pembimbing, dosen penguji sampai revisi setelah sidang. Selama pengerjaan, karena gue tinggal di jakpus karena masih internship, wahyu di jakarta barat dan kadek sebelumnya ngekost di deket kampus, tetapi semenjak magang dia sudah tidak ngekost lagi dan balik ke rumahnya di cibubur. Akhirnya kita sempetin waktu untuk menyicil skripsi 3 hari setiap minggu yaitu senin, rabu dan jumat, kadang juga sabtu kalau lagi ngejar deadline dan perlu banyak diskusi. Kita ngerjain skripsi di salah satu kostan teman gue, yaitu naufal. Hampir tiap jumat kita selalu nginep untuk ngerjain di kostannya, karena dekat dengan kampus apabila ada keperluan dokumen pendukung skripsi. Makasih yah fal udah mau direpotin kostannya sama kita hahaha :D.

Dan hari yang ditunggu tiba, yaitu hari pengumpulan skripsi. Disini juga ada drama karena deadline pengumpulan skripsi itu di awal bulan januari, sedangkan pada waktu itu hujan terus terusan hampir tiap hari yang menyebabkan jalanan banjir dimana-mana, akses gue ke kampus itu gabisa dilalui karena terendam banjir semua. Syukurnya, rumah wahyu dekat dengan kampus, jadi nasib kita masih tertolong karena rumahnya yang tidak terlalu jauh dengan kampus, thanks yah we :D. Kita pun kumpul 3 buah buku yang lumayan tebal dengan cover hijau muda ke Student Service Center, lalu mengukur pakaian kebanggaan mahasiswa tingkat akhir yaitu baju toga. Dari situ perasaan lega karena berhasil mengumpulkan skripsi tepat waktu yang penuh perjuangan dan penuh drama. But, we did it friends.

Setelah kumpul skripsi, jadwal sidang pun di email ke email masing-masing tentunya dengan jadwal yang sama. Malam sebelum hari H, kita ber tiga pun nginep di kostan naufal untuk mempersiapkan segara materi, memperkirakan pertanyaan yang muncul dan menebak siapakah dosen pengujinya. Kita tidur cukup malam demi mempersiapkan dengan matang untuk besok. Gue dan dua teman gue kebagian urutan pertama, yaitu jam 7:20. Kita pun datang lebih pagi lagi sekitar jam 6 sudah di kampus karena menghindari kesiangan, teman circle gue pun turut hadir untuk memberikan support ke kita ber tiga, anyway thanks guys. Gue merasakan yang orang-orang bicarakan mengenai seramnya sidang skripsi dan yah, benar. Gue kedapatan dosen penguji yang cukup 'killer' di antara dosen penguji lainnya. Dengan penuh rasa percaya diri, kita menjawab pertanyaan yang diberikan oleh dosen penguji satu persatu sampai pada akhirnya ditentukanlah layak wisuda atau tidaknya.

Detik-detik ini yang tidak bisa gue lupakan seumur hidup gue, gue bertiga dinyatakan layak wisuda atau lulus sidang. Serentak gue mengucapkan syukur, terharu, bahagia, senang mengingat kedua orangtua gue dan tante gue yang selalu support gue. Mah, Yah, Tante, opal akhirnya bisa nyelesain kuliah 3,5 tahun, tepat waktu. Makasih banyak. Satu persatu teman gue pun datang memberikan ucapan selamat, gue terharu, terima kasih banyak teman.

Hampir seluruh teman circle gue sidang dihari yang sama, kecuali wanson dan ahong. Bersyukur semua teman circle gue layak wisuda semua atau lulus sidang. Kita pun merayakan hari bahagia kita semua dengan cara berfoto bersama sebagai kenangan indah selama kuliah, bahkan selama gue hidup di dunia ini. Tetapi, tidak lama setelah sidang datang pandemi Covid-19 ini yang menyebabkan beberapa teman gue yang belum sidang melakukan sidang secara online, juga menyebabkan tertundanya prosesi wisuda gue. Sudah hampir setahun setelah gue dinyatakan lulus sidang pada tahun lalu.

Sekali lagi, Selamat Nganggur teman-teman, Happy Unofficialy S.Kom. Biji Squad, BH Squad, Kamar 8, Kesebelasan Kurang Dua. Gue harap kalian menemukan jalan hidupnya masing-masing, menjadi orang yang berguna.

From Maba :


To Unofficially S.Kom. :



Tidak ada komentar

Posting Komentar

© NOVAL ORLANDO
Maira Gall